Social Icons

Sunday 24 August 2014

TUTORIAL LANDING FSX/FS2004

Tutorial to Landing

DMB ingin berbagi pengalaman di flight simulator. Pengalaman kedua yaitu tentang landing. Di tutorial ini saya memakai pesawat Boeing 737-800 dan memakai software Microsoft Flight Simulator X. Sebenarnya sama saja pengoperasiannya antara Microsoft Flight Simulator 2004 dengan Microsoft Flight Simulator X. kalau admin dirumah pakai Microsoft Flight Simulator X. Ok to the point aja..

1. Tutorial kali ini adalah ILS landing (landing dengan panduan dari ATC)

2. Saat muncul jendela ATC seperti gambar di bawah atau handoff. Seperti biasa ubah heading dan altitude sesuai ATC serta ubah autobrake jadi 1, 2, 3 atau max


3. Kita mainkan perkalian, tadi ATC menyuruh kita untuk descend and mantain 3000 kan, kalikan 3000 dengan 3 berarti 9000 nah berarti kita mulai descending dari 9nm (lihat di gps) dari runway. Sebelumnya pada kotak paling kiri pada gambar ubah menjadi APP dan kendalikan airspeed pada 200 knots



4. Saya akan mendarat di bandara Soekarno Hatta (WIII) pada runway 7R, buka map dan catat ILS frequency dan course dari runway 7R. Lalu ubah course dan NAV1 pada radio stack (shift + 2)



5. Klik NAV1 dan VOR LOC, dan tunggu sampai pesawat menemukan runway. Lalu ubah flap menjadi 15 dengan mengklik F7.



6. Lihat pada GPS (shift + 3) apabila angka pada pojok kanan atas GPS sudah seperti perkalian kita tadi.



7. Matikan altitude autopilot dan mulai descending. Turunkan airspeed menjadi 180 knots dan ubah flap menjadi 40 dengan mengklik F8. Setelah runway sudah dekat matikan autothrottle dan turunkan landing gear (G)



8. Saat hampir touch down atau pesawat menyentuh runway ubah throttle menjadi idle (shift + 4 atau F1). Ingat selalu ban belakang dahulu yang menyentuh runway (seperti gambar di bawah) dan turunkan ban depan.



9. Turunkan speed brake (shift + 4 atau /) sampai down dan turunkan throttle sampai paling bawah (F2) agar pesawat mundur. Spoiler (speed brake) dan reverse thrust digunakan untuk mengurangi air speed. Jangan lupa untuk mengubah autobrake menjadi 0



Sekian Tutorial untuk landing ini, bila ada yang tidak mengerti atau kurang jelas silahkan comment di comment box. Semoga bermanfaat!

Happy Flying!

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates