Social Icons

Wednesday 15 August 2012

Membuat Game Grafis 3D dengan Unity

Sudah lama gak buka blogku yang satu ini, mungkin karena terlalu keasikan menenggelamkan diri di kesibukanku yang baru.  Dan kali ini aku akan share kesibukanku akhir – akhir ini di blogku tercinta ini. Taukah kalian sebuah tool yang bernama Unity ?

Unity adalah sebuah Game Engine yang terintegrasi untuk menciptakan sebuah game yang sudah mendukung tampilan 3Dimensi, Unity ini bukan hanya sebuah game Engine, tapi juga merupakan sebuah editor. Unity ini mempunyai banyak kelebihan diantaranya multiplatform bisa berjalan pada lebih dari satu platform Windows dan Mac OS X . Permainan yang dihasilkan dapat berjalan di Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, iPhone, serta platform Android dan juga browser. Tapi untuk browser kita harus menambahkan sebuah plugin di browser kita, yaitu Unity Web Player yang didukung pada Mac dan Windows, sama halnya dengan Flash Player plugin.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada unity ini bermacam – macam, mulai dari javaScript, C#, dan Boo.

Pada Unity ini kita tidak bisa mendesain karakter / atau objek ( 3D ) , karena unity bukan tool untuk mendesain, jadi jika kita ingin medesain sebuah karakter/ objek kita membutuhkan 3D Editor seperti 3DSmax, Maya, Blender dll.

Untuk memasukkan karakter yang kita buat ke dalam unity sangat gampang sekali, contohnya dari 3D editor 3DSMax kita export menjadi format.fbx , kamudian file.fbx tersebut kita import ke dalam Unity.

Untuk mendesain terrain atau lapangan gamenya, pada Unity sudah disediakan plugin ( terrain toolkit ) yang bisa digunakan untuk mendesain dengan cepat dan gampang, dan kita juga bisa menambahkan ( import ) karakter / objek.fbx ke dalam terrain.

Dibawah ini adalah projectku yang sedang dalam proses pembuatan


Saat kita pertama kali install Unity, kita bisa melihat contoh terrain bawaan Unity " Island demo" seperti gambar dibawah ini.

 

Unity ini bisa kalian download di http://unity3d.com.

Sampai disini penjelasan saya tentang Unity, kita sambung di lain kesempatan.

Salam SemMRRangat…. !!

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates